Bisnis Online Dengan Twitter

Banyak pemilik usaha kecil memahami bagaimana Facebook dan cocok untuk bisnis, namun mengalami kesulitan dalam mengambil kesimpulan yang sama ketika datang ke Twitter.

Menurut sebuah laporan dari GlobalWebIndex, sebuah perusahaan analisis, user Twitter bertambah lebih dari 288 juta orang pada tahun 2012, sehingga menjadi jejaring sosial yang tumbuh paling cepat, melebihi Facebook, Pinterest, hingga Google+.
Artikel ini membahas tentang Twitter dan cara menjual melalui media sosial beserta enam praktek yang efektif untuk menggunakannya.
Berikut adalah alasan mengapa twitter menjadi tools yang simpel dan handal :
  • Community building. Buat komunitas yang kuat terdiri dari followers yang akan membantu meningkatkan brand awareness, visibilitas, dan engagement untuk bisnis Anda.
  • Relasi dengan media, memberikan updates info, event, ide, hingga cerita-cerita yang relevan dan membuat audience Anda tertarik.
  • Hubungan pelanggan. Gunakan Twitter untuk terlibat dengan pelanggan yang mungkin memiliki pertanyaan ataupun masalah;
  • Special alerts.  Memberikan “alert” kepada pelanggan untuk produk baru, penjualan khusus dan penawaran eksklusif.
  • Promosi Event. Twitter dapat mendorong banyak orang untuk hadir dalam acara Anda atau acara di mana Anda mengambil bagian.
  • Branding dan awareness. Gunakan Twitter untuk meningkatkan awareness tentang bisnis Anda dan produk-produk Anda.
  • Membangun pengaruh. Berbagi informasi ke followers Anda value dan mereka akan melihat Anda sebagai sumber informasi yang penting. 

6 Cara Efektif Merchant / Toko Online Menggunakan Twitter

1. Kaitkan dengan tujuan strategi marketing Anda yang spesifik
Seperti jaringan sosial lainnya, Twitter Anda harus mengikuti tujuan marketing yang spesifik. Misalnya, jika peningkatan penjualan adalah tujuan, luncurkanlah kampanye Twitter menggunakan URL yang unik, dan call-to-action dengan fokus men-drive penjualan.
2. Gunakan hashtags untuk menemukan percakapan
Gunakan hashtags – keyword # – untuk event, topik, merek, produk, campaign khusus, dan promosi penjualan (apa saja yang Anda pilih) untuk menemukan dan melacak percakapan di Twitter.
Berikut adalah beberapa tips dalam menggunakan hashtags:
  • Tentukan alasan spesifik untuk menggunakan hashtag.
  • Jangan terlalu sering menggunakan hashtags – 1 atau 2 per tweet.
  • Promosikan hashtag baik online dan offline.
  • Jauhkan hashtags singkat untuk menggunakan karakter yang lebih sedikit.
  • Integrasikanlah hashtags dalam sebuah kalimat daripada hanya menambahkan mereka ke tweet.
3. Buatlah penjadwalan Tweet 
Gunakan aplikasi manajemen media sosial seperti HootSuite atau Buffer untuk membuat serangkaian tweets dan jadwalkan tweet tersebut untuk posting berbagai waktu secara terjadwal sepanjang minggu. Hal ini membantu menjaga pesan Twitter pada target dan account Anda aktif.
Tweet tersebut dapat mencakup tips, informasi berkaitan dengan industri Anda, produk rekomendasi, kutipan inspirasional, dan link ke website yang relevan. Kuncinya adalah untuk menambahkan value kepada pengikut Anda. Tweet yang dijadwalkan dapat diselingi dengan real-time tweet.
Sangat penting untuk membangun pola konsistensi dengan strategi tweet Anda dan pastikan Anda melakukan penjadwalan.
4. Memonitor kata kunci yang relevan
Salah satu cara terbaik untuk menggunakan Twitter adalah untuk memantau percakapan tentang merek Anda,  industri, produk, dan persaingan. Berikut 2 hal tsb :
  • Mendefinisikan satu set kata kunci. Cari nama bisnis Anda, nama produk, nama akun twitter, industry terms, dan nama competitors, nama akun twitter kompetitor Anda, dan produknya.
  • Buatlah jadwal. Monitoring twitter bekerja paling baik bila Anda mengatur jadwal. Luangkan beberapa menit – baik itu untuk harian atau mingguan – untuk mencari kata kunci Anda dan melihat apa yang orang bicarakan.
Jika Anda share link di Twitter dan menggunakan URL shortener bit.ly, Anda dapat menyalin link ke browser Anda dan menambahkan “+” pada akhir URL guna melakukan tracing berapa banyak orang mengklik dan jenis percakapan yang dihasilkan.
5. Tumbuhkan jumlah follower Anda
Lakukanlah secara konsisten untuk membuat  komunitas followers yang relevan. Hal ini dapat mencakup pelanggan saat ini dan calon pelanggan, vendor hingga pemasok produk, karyawan, atau siapa saja yang telah menyatakan minat pada apa yang Anda jual.
Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan followers adalah mengikuti orang lain terlebih dahulu. Mention mereka dan retweet konten mereka untuk mendapatkan perhatian mereka. Juga, ikuti dan proaktif terlibat ketika mereka menyebutkan atau me retweet Anda.
6. Gunakan alat yang tepat
Anda dapat menggunakan Twitter secara langsung, tanpa tools lain. Namun, jauh lebih baik untuk menggunakan alat manajemen  seperti HootSuite, TweetDeck, ataupun SproutSocial.
Tidak hanya perangkat ini memungkinkan Anda untuk terlibat melalui Twitter, tetapi alat tersebut juga memungkinkan Anda untuk menambahkan account di jejaring sosial lain. Beberapa menyediakan analisis rinci mengenai kegiatan sosial Anda dan keterlibatan media.

0 komentar: