Apa Arti Domain?

Definisi dan Pengertian dari Domain yang terdapat dalam Kamus bahasa Indonesia memberikan arti domain adalah wilayah, daerah, tanah. Namun pengertian dan definisi dari domain disini adalah suatu ruang atau space (baik secara fisik maupun abstrak) dimana sesuatu itu ada atau valid atau diselenggarakan. 

Pada teknologi informasi terutama dalam internet, kata domain selalu diidentikkan dengan suatu nama atau alamat di dalam sebuah jaringan. Lebih khusus lagi domain didefinisikan sebagai suatu alamat situs internet.

Apabila kita ingin melihat suatu situs atau website, tinggal mengetik alamat situs yang dicari tersebut pada addres bar browser yang tersedia. Misalkan kita ingin melihat halaman dari GOOGLE, alamat domain situs yang kita masukan adalah "google.com" pada Browser Mozilla Firefox bila kita mempergunakan browser tersebut. 

Jika suatu domain sudah ada pemiliknya atau sudah dibuat maka website tersebut akan muncul pada layar komputer, tetapi jika belum ada yang memiliki domain tersebut maka akan terjadi kemungkinan browser memberi petunjuk bahwa alamat yang dicari tidak ada atau kemungkinan lain domain tersebut akan diarahkan ke halaman berisi iklan atau website tertentu.

Domain dapat didaftarkan oleh seseorang atau suatu perusahaan/lembaga, misalnya menginginkan nama domain yang sesuai dengan nama orang, perusahaan/lembaga atau produk yang dibuat. Nama domain merupakan"identitas" dari nama seseorang atau "brand" suatu produk. Sehingga pemilihan nama domain dapat didasarkan oleh nama seseorang, perusahaan/lembaga atau produk tersebut.


Saat ini banyak yang menyediakan jasa pembelian domain, anda tinggal memasukkan nama domain yang anda inginkan ke dalam kolom yang tersediakan. Nanti aka nada pemberitahuan apakah nama tersebut tersedia atau tidak. Jika tersedia, langkah berikutnya yang anda lakukan adalah melakukan transfer biaya yang sudah ada.               

0 komentar: