Affiliate Marketing

Apa sih sebenarnya pengertian Affiliate Marketing? Secara sederhana Affiliate Marketing adalah kegiatan memasarkan produk orang lain dan mendapatkan komisi bila terjadi penjualan. Dengan kata lain, affiliate marketing bisa dimaknai sebagai salah satu cara untuk menghasilkan uang dari internet. 

Apabila anda atau siapapun yang mendapatkan uang di internet menggunakan cara affiliate marketing ini biasanya disebut dengan Affiliate Marketers. Satu hal yang harus diingat dalam menjalankan kegiatan ini adalah kita akan dibayar hanya jika kita berhasil menjual produk/jasa milik affiliate merchant yaitu orang atau perusahaan pemilik produk/jasa yang dipasarkan melului internet.


Ide Dibalik Kegiatan Affiliate Marketing

Jika anda pernah membantu menjualkan sesuatu barang milik seseorang dan memperoleh komisi, itulah itulah yang disebut dengan affiliate marketing.

Contoh, ada mobil yang mau dijual, lalu kita membantu mencarikan calon pembeli. Kalau kemudian mobil tersebut jadi dibeli oleh orang yang kita perkenalkan tadi maka kita akan mendapat komisi.

Sadar atau tidak mungkin kita pernah melakukan pekerjaan seperti contoh di atas, begitulah ide kegiatan affiliate marketing atau kalau di dunia nyata (0ffline), umum disebut dengan istilah calo atau makelar.

Didalam bisnis internet, adanya program affiliate marketing akan sama-sama menguntungkan, baik merchant maupun marketer.

Keuntungan utama merchant atau pemilik produk adalah terjadinya promosi produk yang gencar dengan jangkauan lebih luas yang berarti akan menaikkan nilai penjualan. Sedang untuk marketer tidak perlu memikirkan produk, mulai dari sistem produksi, penjualan maupun pasca penjualan, semuanya akan diurus oleh merchant. Satu-satunya yang harus dikerjakan oleh affiliate marketer adalah mempromosikan produk atau web merchant dan mendatangkanprospek yang mau membeli produk sebanyak mungkin melalui affiliate link demi mendapatkan komisi yang lebih besar.

Ada kalanya affiliate merchant bersedia membayar komisi jika kita mendapatkan calon pembeli sesuai dengan kriteria yang ditentukan yang disebut dengan istilah leads atauprospects.


Cara Kerja Affiliate Marketing

Cara kerja affiliate marketing yaitu anda mendaftar pada satu program affiliasi   kemudian mempromosikan link affiliasi tersebut, kemudian ada yang membeli dan anda mendapat komisi. Singkatnya seperti itu.

Anda ingin mendapatkan uang lewat internet dengan menjadi affiliate marketer. Nah, pada saat mendaftar pada web affiliate merchant, anda akan mendapat 'kode khusus' yang  link atau link affiliasi. Kode ini diberikan oleh affiliate merchant kepada masing-masing affiliate marketers, seperti anda. Tugas anda selanjutnya adalah mempromosikan link affiliasi tersebut.

Link affiliasi biasanya terdiri dari serangkaian kata, huruf atau angka yang unik sebagai kode identifikasi keanggotaan kita (affiliate ID).

Bagaimana Cara Mempromosikannya?

Kita bisa mempromosikan produk atau web affiliate merchant dengan menyematkan link affiliasi di website kita atau pada email signature, dengan harapan ada orang yang mau membeli produk atau jasa yang kita tawarkan setelah meng-klik link yang kita sebar tadi.

Ada banyak cara sebenarnya tapi ini tentu memerlukan usaha dan kreatifitas masing-masing, selain tools yang dirancang secara khusus untuk mendukung kerja affiliate marketing. Saran saya mulailah dengan orang-orang terdekat terlebih dulu, bisa keluarga, saudara, teman atau tetangga sekitar. Ingat, banyak bisnis tercipta justru dari lingkungan terdekat kita.

Sebelum memutuskan untuk bergabung pada satu program affiliasi, sebaiknya kita membaca dengan seksama affiliate agreement yaitu sebuah dokumen legal yang mengikat kedua belah pihak, agar tidak terjadi hal-hal yang bisa merugikan.

Affiliate marketing merupakan salah satu cara termudah bagi pemula untuk bisa mendapatkan uang melalui internet tanpa harus memiliki produk sendiri dan dengan beaya yang minim. 

Inilah tantangan yang harus dijawab jika kita ingin mendapatkan banyak uang melalui program affiliasi. Sekian penjelasan secara singkat dari saya mengenai affiliate marketing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Cara Menghadapi Konsumen yang Rewel

Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Promosi