Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Konsep Kegiatan Pemasaran

Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar dalam pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran sosial, konsep pemasaran, dan konsep pemasaran global.

1. Konsep Produksi.

Konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dengan harganya murah.

Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk yang tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.

2. Konsep Produk.

Konsep produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performans dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk yang berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk yang berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri-ciri terbaik.

3. Konsep Penjualan.

Konsep penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.

4. Konsep Pemasaran.

Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar target serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan yang dilakukan para pesaing.

5. Konsep Pemasaran Sosial.

Konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah "menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar target, serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripada yang dilakukan para pesaing dengan meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat".

6. Konsep Pemasaran Global.
Pada konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran, melalui manajemen strategis yang mantap. Tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat didalam perusahaan.

1 komentar untuk "6 Konsep Kegiatan Pemasaran"