Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mendatangkan Traffic Website

Seperti yang sudah kita ketahui, sebuah website akan makin berarti dan bisa mendatangkkan profit apabila website tersebut dikunjungi oleh banyak pengunjung. 

Jika banyak orang yang mengunjungi website yang kita buat, maka mudah-mudahan apa yang kita jual lewat website tersebut bisa dibeli. Entah kita menjual produk digital, ruang iklan, produk fisik atau beragam jenis produk yang lainnya.

Akan tetapi, bagi sebagian pemula mendatangkan trssic pada website bukanlah perkara mudah, sebab tak jarang kita sering bingung harus melakukan apa agar website kita kebanjiran pengunjung.

Berikut ini beberapa tips untuk mendatangkan pengunjung yang bisa kami bagikan :

1. Blogwalking.

Blogwalking adalah suatu istilah di mana untuk kita mendatangkan trafik web dengan cara berkomentar di website/blog orang lain. Misalkan Anda berkomentar di web saya ini, maka Anda bisa menyertakan link website Anda pada bagian nama pemberi komentar. Nah jika ada orang yang mengklik nama Anda maka si pengklik itu akan diarahkan ke website Anda. Dan dari sanalah trafik bisa Anda dapatkan.

Dalam memberikan komentar, alangkah baiknya anda baca terlebih dahulu artikel yang terdapat dalam website tersebut. Komentar sesuai dengan tema dari artikel tersebut. Ini dimaksudkan agar komentar yang anda tulis tidak dianggap spam/sampah dari pemilik website/google.

2. Mengirim Alamat Website kita Ke Facebook.

Cara ini begitu praktis, dan cukup ampuh. Yakni Anda hanya perlu mengirimkan alamat website Anda ke status Facebook Anda. Misalnya Anda baru saja membuat posting artikel baru di blog, maka alamat url posting tersebut bisa Anda kirimkan ke Facebook. Dari sana teman-teman Facebook Anda bisa tahu keberadaan web Anda, barangkali saja mereka tertarik membuka dan mengunjunginya. Bukan tidak mungkin, mereka justru jadi pengunjung setia untuk website Anda.

Promosi web dengan status Facebook ini juga bisa menciptakan efek viral, ketika ada teman Anda yang me-like/memberi komentar di status Facebook Anda, maka aktivitas teman itu akan muncul dan bisa dilihat oleh teman-teman mereka yang lainnya. Hasilnya makin banyak orang yang akan tahu alamat website Anda.

3. Menggunakan Iklan.

Iklan merupakan salah satu media pemasaran yang cukup ampuh di internet. Selain ampuh, pemasaran dengan menggunakan media iklan juga relatif praktis dan mudah. Hanya saja, jelas kita harus membayar bila ingin beriklan. Ada banyak metode periklanan yang bisa Anda coba untuk mengiklankan website Anda, contohnya misalnya :
  • beriklan di jaringan PPC lokal Indonesia.
  • Beriklan di Facebook.
  • Beriklan di Google Adwords.
  • Memasang iklan baner di website lain.
  • Iklan dalam bentuk artikel review dari blog lain.
Akan tetapi, akan jauh lebih baik jika Anda tidak hanya mengandalkan iklan, melainkan Anda bisa juga memadukan beberapa strategi lainnya.
4. Menulis Di Media Yang Lain.
Misalnya Anda bisa menulis di forum, seperti Kaskus.co.id, lalu dalam tulisan Anda ada mengandung satu link yang menuju website Anda, dari sana ada banyak orang yang bisa datang ke website Anda dari tulisan yang Anda buat di Kaskus.
Jika Anda ingin menulis sambil mempromosikan web Anda, maka mungkin beberapa situs ini perlu Anda coba.
  • Kompasianadisini kita bisa menulis artikel (baik itu artikel opini, maupun artikel reportdalam berbagai kategori. Nah dari artikel yang kita buat, kita bisa menyelipkan satu pesan promosi atau link menuju website kita.
  • Menulis di catatan Facebook.
  • Menulis di forum-forum online,dan lain-lain.
5. Kirim Artikel ke Social Bookmark.

Di internet, ada yang namanya situs social bookmark. Situs social bookmark itu merupakan situs yang mengizinkan kita untuk berbagi artikel blog kita di sana, jadi kita tinggal submit maka artikel blog/website kita akan ditampilkan di sana. Tentu saja cara ini amat perlu Anda lakukan untuk mendatangkan trafik.
Ada banyak sekali situs social bookmark yang bisa Anda manfaatkan, baik situs sosbok lokal maupun yang dari luar negeri. Berikut beberapa rekomendasi saya.
  • lintas.me.
  • Infogue.com
Demikian 5 cara menaikkan traffic website yang apabila anda kerjakan dengan tekun, bisa mendatangkan efek yang luar biasa pada website kita.

2 komentar untuk "5 Cara Mendatangkan Traffic Website "

  1. Mantap Artikelnya Bang,, mau nanya bang kira2 tips apa agar blog kita bisa naik trafiknya diluar yg abang bahas diatas,,, salam, numpang bang saya titip link web saya,,, semoga abang setuju,,, mapulsa.com

    BalasHapus